Tweaking jaringan – IP Address, Mac Address, SID

Posted on

Dalam membuat sebuah jaringan komputer, kita tidak akan pernah terlepas dari beberapa komponen seperti IP Address dan komponen lainnya. Komponen jaringan yang dimaksud dalam pembahasan kali ini bukan berupa hardware, tetapi pembahasan kali ini yaitu komponen yang berhubungan dengan jaringan.

Hanya dengan menggunakan Command Prompt, banyak hal yang dapat kita lakukan, seperti mengetahui IP Address, mendapatkan hostname, melihat mac address, melakukan tracert, dan masih banyak lagi yang lainnya.

IP Address

Komponen pertama yang akan kita bahas sebagai awalan, adalah IP Address. Bagi anda yang sudah sering membuat jaringan tentunya sudah sangat familiar dengan istilah satu ini. Sewaktu anda terhubung pada sebuah jaringan, anda akan memiliki identitas tersendiri yang disebut dengan IP Address.

Format penulisan IP Address adalah A.B.C.D. Masing” huruf tersebut terhubung terdiri atas 8 bit sehingga nilai yang mungkin adalah dari 0 sampai dengan 255. Tentunya anda tidak akan pernah mendapatkan IP Address yang lebih besar dari 255.

IP Address komputer lokal yang tidak terhubung dengan internet adalah 127.0.0.1 atau biasa disebut localhost. Apabila komputer terhubung dengan internet atau jaringan, maka akan mendapat IP Address yang berbeda, misalnya seperti 192.168.1.1 dan yang lainnya.

Untuk mengetahui IP Address pada komputer kita sendiri, kita bisa menggunakan command prompt lalu mengetik ipconfig, nah jika sudah mengetik code tersebut, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :

Dari gambar diatas, IP Komputer saya adalah 10.0.2.15, IP Address sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu IP Public dan IP Private.

IP PUBLIC Merupakan ip yang digunakan pada jalur umum/ public internet. Pengguna ip publik harus melalui proses registrasi ke suatu organisasi yang menangani masalah jaringan / pemakaian ip, tujuannya supaya tidak terjadi dua host yang memiliki IP yang sama, atau bentrok. Contoh ip public adalah misal ip milik akses speedy modem yang ip publicnya adalah 125.126.0.1

Baca Juga  Convert IAM Secret Access Key Aws ke SES Smtp Password

IP PRIVATE Merupakan ip yang sering digunakan pada jaringan lokal sehingga tidak memerlukan proses registrasi. Contoh jaringan private adalah LAN ( Local Area Network ) yang menggunakan ip private 192.168.1.1 – jadi dapat disederhanakan, ip private adalah ip yang digunakan untuk jaringan yang tidak terhubung dengan internet misalnya LAN atau yang lainnya, sedangkan IP Public adalah ip yang menggunakan jaringan yang terhubung dengan internet.

MAC Address

Sederhananya, MAC Address ( Media Access Control Address ) merupakan alamat fisik komputer pada jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai ethernal address, physical address, hardware address

untuk mengetahui MAC Address, anda dapat tetap menggunakan perintah ipconfig pada command prompt anda, hanya saja kita akan tambahkan perintah berupa /all, yaitu ipconfig /all. Nah contoh hasil saat sudah mengetikan perintah tersebut anda dapat lihat seperti digambar dibawah ini :

Nah, bisa kita lihat pada foto diatas, ditunjukan bahwa Physical Address kita adalah 08-00-27-E1-79-7A, dan juga kita diberikan pemberitahuan mengenai hardware yang kita gunakan di komputer kita, yang berada pada bagian deskripsi. Untuk memastikan apakah benar informasi tersebut, anda dapat melakukan pengecekan pada menu > device manager > network adapter, maka akan menunjukan hasil seperti gambar dibawah ini

Dibagian network adapter terdapat nama hardware yang sama sewaktu kita melakukan perintah ipconfig /all.

Hostname& SID

Perintah hostname digunakan untuk mendapat nama komputer yang telah didaftarkan dalam network. Anda hanya perlu mengetik hostname pada command prompt anda, dan nama komputer anda akan terlihat. Contohnya seperti dibawah ini :

selain dengan menggunakan perintah hostname, kita juga bisa mengetahui informasi lain yang lebih detail dengan menggunakan perintah whoami /all

Perintah whoami ini tersedia pada windows 2000, namun tidak bisa dijalankan pada windows xp professional sp2. Namun pada windows vista dan windows 7, windows 8, dan windows 10, perintah ini bisa langsung digunakan. Dari informasi tersebut kita memperoleh data selain nama, yaitu SID yang merupakan ( Security Identifier ), group name, dan informasi detail lainnya.

Gravatar Image
Hi, Saya adalah seorang mahasiswa IT yang senang explorasi mengenai dunia IT.